Sudah gempar sebelumnya dengan kehadiran Yamaha V-Ixion yang sekaligus merajai penjualan sportbike beberapa tahun belakang ini membuat sang rival terketat, Honda, juga menunjukkan tajinya. Terbukti dengan segala kelebihannya, Honda berhasil menyandingkan CBR150R Streetfire dengan jajaran sportbike Yamaha, New V-Ixion maupun Scorpio Z.
Namun bukan ketiga nama itu saja yang bermain di panasnya pasar otomotif Tanah Air kali ini, kita jangan lupakan sang legenda hidup Honda yakni Tiger. Eksistensi 'sang macan' ini diprediksi akan sedikit tergoyahkan dengan varian sportbike terbaru asuhan Kawasaki yakni Bajaj Pulsar 200NS yang sama-sama bermain di mesin 200cc.
Tunggu dulu, nampaknya isu tentang perubahan teknologi dan tampang baru 'sang macan' membuat Yamaha juga berancang-ancang untuk meluncurkan generasi terbaru Scorpio Z-nya, meskipun sementara baru sebatas isu.
BERIKUT DAFTARNYA :
- Honda Tiger
- New Scorpio Z
- Bajaj Pulsar 200NS
- CBR150R Streetfire
- New V-Ixion
5. Yamaha New V-Ixion Lightning
Harga Yamaha New V-Ixion Lightning berdasarkan dealer resmi di Jakarta dijual sebesar Rp 22,600,000. Dalam rangking 5 sportbike tertangguh versi otosia.com menempatkannya sebagai sportbike termurah.
Berikut spesifikasi lengkap mesin Yamaha New V-Ixion Lightning sesuai dengan situs resmi Yamaha Motor Indonesia.
Mesin
Tipe Mesin : 4 Langkah, 4 Valve SOHC-Fuel Injection, berpendingin cairan
Jumlah/Posisi Silinder : silinder tunggal/tegak
Volume Silinder : 149.8 cc
Diameter x Langkah : 57,0 x 58,7mm
Daya Maksimum : 12,2 kW(16,59 PS)/ 8500 rpm
Torsi : 14,5 Nm (1.48 Kgf.m)/ 7,500 rpm
Sistem supply BBM : Fuel Injection
Perbandingan Kompresi : 10:4:1
Sistem Starter : Electric starter dan Kick starter
Sistem Pelumasan : Basah
Kapasitas oli Mesin : 1,15 liter / Penggantian berkala : 0,95 liter
Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection(Throtlle body AC28 - 1)
Tipe Kopling : Basah, Kopling Manual, Mutliplat
Tipe Transmisi : Retrun, 5 Kecepatan
Pola pengoperasian transmisi : 1-N-2-3-4-5
Rangka
- Tipe rangka : Pressed Backbone (Deltabox)
- Suspensi Depan : Teleskopik
- Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Link Suspensi Monocross
- Ban Depan : 90/80-17M/C 46P
- Ban Belakang : 120/70-17M/C 58P
- Rem Depan : Cakram Hidrolik, Piston Ganda
- Rem Belakang : Cakram Hidrolik, Piston Tunggal
- P x L x T : 2.010mm x 705mm x 1.030mm
- Jarak Sumbu Roda : 1.300mm
- Jarak Terendah ke Tanah : 165mm
- Tinggi Tempat Duduk : 790mm
- Berat Isi : 129kg
- Kapasitas Tangki Bensin : 12Liter
- Sistem Pengapian : T.C.I/Transistorized Controll Ignition (Digital)
- Tipe Busi : CR8E (NGK) / U24ESR-N (DENSO)
- Tipe : YTZ4V / GTZ4V (MF BATTERY)
- Kapasitas : 12V 3.5 Ampere
Honda CB150R Streetfire berdasarkan pantauan harga oleh tim otosia.com menempati urutan kedua. Dimana di situs resminya dijual seharga Rp Rp 22,750,000.
Mesin
- Tipe mesin : 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal
- Diameter x langkah : 63,5 x 47,2 mm
- Volume langkah : 149,48 cm3
- Perbandingan Kompresi : 11.0 : 1
- Daya Maksimum : 12,5 kW (17,0 PS)/ 10.000 rpm
- Torsi Maksimum : 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/ 8.000 rpm
- Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
- Kopling Otomatis : -
- Gigi Transmisi : 6-Kecepatan
- Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5-6
- Starter : Pedal & Elektrik
Rangka
- Tipe rangka : Diamond Steel (Truss Frame)
- Tipe suspensi depan : Teleskopik
- Tipe suspensi belakang : Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Suspensi Pro-Link)
- Ukuran ban depan : 80/90 - 17M/C 44P (Tubeless)
- Ukuran ban belakang : 100/80 - 17M/C 52P (Tubeless)
- Rem depan : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
- Rem belakang : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
- Panjang X lebar X tinggi : 2.008 x 719 x 1.061 mm
- Jarak Sumbu Roda : 1.288 mm
- Jarak terendah ke tanah : 148 mm
- Berat kosong : 129 kg
- Kapasitas tangki bahan bakar : 12 liter
- Aki : MF 12 V - 5 Ah
4. Honda CB150R Streetfire
Honda CB150R Streetfire berdasarkan pantauan harga oleh tim otosia.com menempati urutan kedua. Dimana di situs resminya dijual seharga Rp Rp 22,750,000.
Mesin
- Tipe mesin : 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, Silinder Tunggal
- Diameter x langkah : 63,5 x 47,2 mm
- Volume langkah : 149,48 cm3
- Perbandingan Kompresi : 11.0 : 1
- Daya Maksimum : 12,5 kW (17,0 PS)/ 10.000 rpm
- Torsi Maksimum : 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/ 8.000 rpm
- Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 Liter pada Penggantian Periodik
- Kopling Otomatis : -
- Gigi Transmisi : 6-Kecepatan
- Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5-6
- Starter : Pedal & Elektrik
Rangka
- Tipe rangka : Diamond Steel (Truss Frame)
- Tipe suspensi depan : Teleskopik
- Tipe suspensi belakang : Lengan Ayun dengan Suspensi Tunggal (Sistem Suspensi Pro-Link)
- Ukuran ban depan : 80/90 - 17M/C 44P (Tubeless)
- Ukuran ban belakang : 100/80 - 17M/C 52P (Tubeless)
- Rem depan : Cakram Hidrolik, dengan Piston Ganda
- Rem belakang : Cakram Hidrolik, dengan Piston Tunggal
- Panjang X lebar X tinggi : 2.008 x 719 x 1.061 mm
- Jarak Sumbu Roda : 1.288 mm
- Jarak terendah ke tanah : 148 mm
- Berat kosong : 129 kg
- Kapasitas tangki bahan bakar : 12 liter
- Aki : MF 12 V - 5 Ah
- Busi : -
- Sistem Pengapian : Full Transistorized
Kawasaki-Pulsar 200NS yang baru saja diluncurkan di Tanah Air beberapa waktu yang lalu menempati urutan ketiga dari segi banderol harganya yang bertengger di angka Rp 23,300,000.
Dengan segala keunikan dan kecanggihan teknologi yang diusungnya, Kawasaki berharap Pulsar 200NS mampu menyamai rekor penjualan sportbike yang lainnya.
Mesin
- Tipe SOHC, 4 valves, liquid Cooled
- Combustion system Triple spark (tiga busi sekaligus)
- Ignition system Independent spark control through ECU
- Crankshaft Type Integral
- Tenaga 23,52 hp pada 9500 rpm
- Torsi 18,3 Nm pada 8000 rpm
- Bore x Stroke: 72 x 49 (mm)
- Kapasitas mesin 199.5cc (200cc)
- Sistem pembakaran masih karburator (UCD 33)
- Filter udara menggunakan paper element
- Knalpot TEC dengan satu moncong keluar
Motor
- Tipe rangka Perimeter Frame dengan Pressed steel
- Wheel base 1363 mm
- P x T x L: 2017 x 1195 x 804 (mm)
- Ground clearance 167 mm
- Bobot motor 145 kg
- Kapasitas tangki BBM 12 lite
- Konsumsi BBM 58 km/liter
- Depan: Telescopic Front Fork with Antifriction Bush Dia 37
- Belakang: Nitrox Mono Shock Absorber with piggy back gas canister
- Depan: Petal Disc with floating caliper, diameter 280 mm
- Belakang: Petal Disc with floating caliper, diameter 230 mm
- Depan: 100/80 – 17, 52 P Tubeless, 10 spoke 2.5 x 17, Alloy
- Belakang: 130/70 – 17, 61 P Tubeless, 10 Spoke, 3.5 x 17, Alloy
- Max Speed 136 Kmph
- Acceleration: 0-60 kmph 3.61 sec dan 0-100 kmph 9.83 sec
- System DC Ignition
- Battery 12V 8AH VRLA
- Head Lamp HS1 35/35W
- Tail/Stop Lamp 0.3/3 W, LED
Yamaha Scorpio Z berdasarkan pantauan harga menempati urutan keempat untuk segmen sportbike kelas menengah ini. Kini Yamaha membanderolnya dengan harga Rp 24,150,000.
Pihak Yamaha Indonesia beberapa waktu yang lalu pernah menyebutkan bahwa akan ada sportbike 200-250cc terbaru yang akan turut dimainkannya di segmen menengah dan premium. Jika memang benar demikian akan ada perubahan tampilan dan teknologi, salah satunya yakni Scorpio ini. Lantaran sportbike-nya ini bermesin 225cc yang masih bersistem karburator.
Berikut spesifikasi lengkap Yamaha Scorpio Z 2013.
Mesin
- Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
- Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
- Volume Silinder : 223 cc
- Diameter x Langkah : 70,0 x 58,0 m
- Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
- Daya Maksimum : 13,4 kW / 8000 rpm
- Torsi Maksimum : 17,5 Nm / 6500 rpm
- Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
- Sistem Pelumasan : Basah
- Kapasitas Oli Mesin:1,4 Liter / Penggantian Berkala : 1,2 Liter
- Sistim Bahan Bakar : Karburator BS30 x 1
- Tipe Kopling : Basah, Kopling Manual, Multiplat
- Tipe Transmisi : Return, 5 Kecepatan
- Pola Pengoperasian Transmisi:1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
Rangka
- Tipe Rangka : Double Cradle
- Suspensi Depan : Teleskopik
- Suspensi Belakang : Lengan Ayun, Suspensi Monocross
- Ban Depan : 80/100-18M/C 47P
- Ban Belakang : 100/90-18M/C 56P
- Rem Depan : Cakram
- Rem Belakang : Tromol
- P x L x T : 2.030 mm x 750 mm x 1.095 mm
- Jarak Sumbu Roda : 1.295 mm
- Jarak Terendah Ke Tanah : 165 mm
- Tinggi Tempat Duduk : 770 mm
- Berat Isi : 142 kg
- Kapasitas Tangki Bensin : Total : 13 Liter, Cadangan : 2,5 Liter
- Sistem Pengapian : CDI
- Battery : GM7B-4B, YB7-B (12V 7Ah)
- Busi : D8EA -9 (NGK)
Inilah sang legenda hidup sportbike yang Indonesia miliki, Honda Tiger sejak kemunculannya pada tahun 90-an hingga kini tetap menjadi primadona bagi bikers sejati.
Dipatok seharga Rp 25,600,000 (sesuai dengan situs resminya) dan menempati harga tertinggi dari kelima sportbike kali ini, nyatanya tidak menyurutkan populasinya.
Kabarnya Honda juga akan 'mendandaninya' kelak, berhubung persaingan pasar sportbike Tanah Air semakin kompetitif, Tiger akan dipersenjatai dengan mesin injeksi dan tampilan terbaru. Namun hingga kini belum ada kelanjutan kabar tersebut, semoga saja cepat terealisasikan.
Berikut spesifikasi Honda Tiger 'sang macan' sesuai situs resminya.
Mesin
- Tipe mesin : 4 Langkah OHC, pendinginan udara
- Diameter x langkah : 63,5 x 62,2 mm
- Volume langkah : 196,9 cc
- Perbandingan Kompresi : 9,0 : 1
- Daya Maksimum : 16,7 PS / 8.500 RPM
- Torsi Maksimum : 1,60 kg.m / 7.000 RPM
- Kapasitas Minyak Pelumas Mesin : 1,0 liter pada penggantian periodik
- Kopling Otomatis : Manual, Multiplate Wet Clutch
- Gigi Transmsi : 6 kecepatan
- Pola Pengoperan Gigi : 1-N-2-3-4-5-6
- Starter : Elektrik Starter & Kick Starter
Rangka
- Tipe rangka : Pola Berlian
- Tipe suspensi depan : Teleskopik
- Tipe suspensi belakang : Lengan ayun pegas ganda dengan tabung oli
- Ukuran ban depan : 2,75 - 18 42L
- Ukuran ban belakang : 100/90 - 18 M/C - 56P
- Rem depan : Cakram hidrolik, dengan piston ganda
- Rem belakang : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
- Panjang X lebar X tinggi : 2.029 x 747 x 1.093 mm
- Jarak Sumbu Roda : 1327 mm
- Jarak terendah ke tanah : 155 mm
- Berat kosong : 138 kg
- Kapasitas tangki bahan bakar : 13,2 Liter
- Aki : 12 V - 7 Ah
- Busi : ND x 24 EP U9 / NGK DP8EA-9
- Sistem Pengapian : CDI-AC, Magneto